Dukung Trans Jadi Desa

Dukung Trans Jadi Desa

\"\"KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Adanya usulan dari warga transmigrasi beberapa waktu lalu, agar transmigrasi dijadikan desa, mendapat respon dari DPRD Bengkulu Selatan (BS). H Supin mendukung rencana tersebut dan siap memperjuangkannya, agar transmigrasi di Bengkulu Selatan bisa menjadi desa. “ itu usul yang bagus dan patut diperjuangkan,” katanya.

Politisi PKPI Bengkulu Selatan ini mengatakan, di Bengkulu Selatan ini ada beberapa transmigrasi yakni Transmigrasi Karang Cayo di Desa karang Cayo, Pino Raya dan Transmigrasi Tanjung Aur di Desa Tanjung Aur Pino Raya. Dikatakannya, kedua transmigrasi tersebut sudah berdiri sekitar tahun 2010 lalu. Hanya saja, saat ini akses ke wilayah trans tersebut masih sangat sulit. Sebab jalannya masih rusak.

“ kalau menjadi desa, mereka akan mendapatkan dana desa, yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas pendukung,” ujarnya.

Supin menambahkan, di kedua transmigrasi tersebut, warganya sudah banyak. Bahkan sekolah dan tempat pelayanan kesehatan juga sudah ada. Hanya saja, karena jaraknya dengan desa induk jauh. Warga untuk berurusan ke sekolah induk sering kesulitan. Sebab jalannya rusak. Bahkan sebagian ada yang masih tanah dan berlumpur. “ Kalau menjadi desa, mereka dapat mandiri memajukan desanya, sehingga tidak bergantung lagi dengan desa induk,” tutup Supin. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: